Film Pendakian Gunung di Indonesia

Banyak sekali tempat yang bisa dibuat untuk menjadikan sebuah film, terutama di Indonesia. Para produser atau rumah produksi pun tidak akan melewatkan kesempatan ini, karena mengambil tema pegunungan pasti akan mengenang karena keindahan alam nya atau pun perjuangan nya ketika mencapai puncak, karena yang kita tahu naik gunung tidak semudah naik tangga. 

Berikut ini beberapa film Indonesia yang mengambil tema pegunungan yang harus kita tonton dan jadikan pelajaran bagi yang ingin naik gunung dan terutama di gunung-gunung yang ada di Indonesia. Tanpa basa-basi lagi saya akan membagikan pengetahuan saya tentang film Indonesia yang ber-tema pegunungan. 

1. 5 Cm (2012) 

Genre: Adventure, Drama, Romance 
Sutradara: Rizal Mantovani 
Pemain: Denny Sumargo, Fedi Nuril, Herjunot Ali, Pevita Pearce, Raline Shah, Saykoji 

Sebuah film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani, diproduksi tahun 2012, mengangkat kisah yang telah diceritakan dalam sebuah novel best seller, berjudul 5cm. Film 5cm menceritakan tentang perjuangan 5 orang sahabat dalam menggapai atap pulau Jawa, puncak Mahameru. 

Pada mulanya, 5 sahabat itu, yaitu Genta, Zapran, Ian, Arial, dan Riani, merasa bosan atas kehidupan yang mereka anggap hanya begitu-begitu saja. Akhirnya, mereka bersepakat untuk keluar dari zona nyaman, melakukan sebuah perubahan dalam hidup mereka dan melakukan petualangan di gunung Semeru. 

Dalam film 5cm, kamu akan melihat keindahan gunung Semeru dari dekat, menyaksikan danau Ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta dan puncak Mahameru. Banyak kalangan yang mengangkat jempol untuk film ini, namun tidak sedikit juga yang mengkritik pedas, baik terhadap pakaian yang mereka kenakan saat mendaki atau tingkah laku mereka selama dalam perjalanan menuju puncak Mahameru. 

Bagi yg mau nonton dan download dibawah linknya: 


2. Romeo+Rinjani (2015) 

Genre: Drama 
Sutradara: Fajar Bustomi 
Pemain: Alexa Key, Deva Mahenra, Kimberly Ryder 

Sebetulnya, film di nomor 2 ini bergenre percintaan. Namun sang sutradara tampaknya tertarik untuk menggunakan pemandangan cantik gunung Rinjani sebagai tema pemandangan utamanya. Menurut para pecinta film di Indonesia, alur cerita dalam film Romeo dan Rinjani ini terasa hambar, kurang mampu menarik perhatian para penontonnya. 

Film ini, menceritakan tentang seorang playboy, sekaligus fotografer, bernama Romeo, yang bekerja pada salah satu majalah adventure. Pekerjaan memaksanya untuk mendaki gunung Rinjani, dalam perjalanannya, dia bertemu dengan gadis yang benar-benar bisa memikat hatinya. 

Nasib film ini tidak jauh berbeda dari film 5cm, banyak kalangan mengkritik gaya berpakaian yang dikenakan oleh para pemerannya. Apalagi pakaian yang digunakan oleh Alexa Key, terlalu seksi. Meskipun demikian, pemandangan gunung Rinjani yang memukau, menjadi alasan kenapa film ini masih enak untuk ditonton. 

Bagi yang mau nonton dan/atau download dibawah ya linknya: 


3. Sagarmatha (2013) 

Genre: Drama 
Sutradara: Emil Heradi 
Pemain: Nadine Chandrawinata, Ranggani Puspandya 

Meskipun tidak sepopuler film 5cm, namun film Sagarmatha adalah salah satu tontonan wajib bagi para pendaki gunung Indonesia. Pasalnya, selain melihat pemandangan indah di gunung Everest, kamu pun bisa mengambil beberapa pelajaran hidup dari film ini, baik itu tentang persahabatan, keberanian atau sebuah perjuangan menggapai cita-cita. 

Dirilis pada tahun 2013, film ini menceritakan kisah tentang 2 orang sahabat, Nadine Chandrawinata dan Ranggani Puspandya, yang kadang memiliki cara pandang berbeda dalam melihat sebuah masalah. Namun, cita-cita yang sama, yaitu ingin menggapai puncak tertinggi di dunia, menyatukan mereka dalam sebuah perjalanan yang penuh inspirasi. 

Nama Sagarmatha sendiri diambil dari nama sebuah kawasan yang berada di bagian timur negara Nepal, mencakup pegunungan Himalaya dan gunung Everest. Sagarmatha juga adalah sebutan gunung Everest bagi penduduk Nepal. 




4. Pencarian Terakhir (2008) 

Genre: Thriller 
Sutradara: Affandi Abdul Rachman 
Pemain: Alex Abbad, Lukman Sardi, Rischa Novisha, Yama Carlos 

Film yang disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman, memadukan suasana petualangan dan horor, menceritakan tentang pendakian 5 orang anak muda, Ganjar dan teman-teman. Di tengah pendakian di gunung Sarangan, mereka tersesat (atau disesatkan?). Hal ini mungkin disebabkan karena ketika mendaki, mereka sempat melakukan pesta minuman keras. 

Fokus film ini menceritakan kepada misi kakak perempuan Ganjar untuk menemukan mereka. Tentu saja tidak akan mudah, ada berbagai halangan yang harus dihadapi, termasuk halangan yang datang dari makhluk penunggu gunung Sarangan. Film ini sangat bagus, membuktikan kalau film horor yang seru tidak selalu dibumbui oleh hal-hal yang berbau mesum. 

Nonton atau download linknya ada di bawah 


5. Negeri Dongeng (2017) 

Genre: Adventure 
Sutradara: Anggi Frisca 

Pemain: Anggi Frisca, Teguh Rahmadi, Rivan Hanggarai, Yohanes Pattiasina, Jogie KM Nadeak, Wihana Erlangga, Nadine Chandrawinata, Medina Kamil, Darius Sinathrya, Djukardi 'Bongkeng' Adriana, Matthew Tandioputra, Alfira 'Abex' Naftaly 

Sebuah film mengenai perjalanan melihat Indonesia, melihat sahabat dan rekan-rekan seperjalanan, juga melihat diri sendiri. Tujuh sineas muda Indonesia mendaki tujuh puncak gunung tertinggi di Nusantara berbekal tujuh kamera. Perjalanan panjang membuat mereka mengupas cerita setiap tempat yang disinggahi. Setiap potongan kisahnya memperlihatkan betapa Indonesia begitu kaya dan luas untuk dijelajahi bersama-sama. Dan di ujung perjalanan itu mereka menemukan arti sebuah perjalanan. 




Link yang saya kasih di atas memang benar untuk nonton dan download film tersebut, dan artikel ini Juga untuk membantu bagi Anda yang sedang mencari refensi tentang film Indonesia yang ber tema pegunungan.

Atau bagi yang suka dengan film lainnya, sobat bisa mengunjungi nontonbioskop21 selamat nonton ya ...

5 komentar:

  1. Pertamax!
    Dari kesekian judul yang disebutin di atas, saya baru nonton yang 5 cm. Heuheuheu...

    Haloo oom Mangki, apa kabar?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. owalah ada enhas note berkunjung, nonton atuh kalo iseng mah, kabar baik enhas :)

      Hapus
  2. saya suka film 5cm :D
    klikaja titip ini ya

    BalasHapus
  3. assalamualaikum, saya baru mampir sekarang Sob, ternyata udah banyak perubahan yah Blognya

    BalasHapus
  4. Wah ini list untuk di tonton nanti

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Diberdayakan oleh Blogger.