Memulai Sebuah Post

Hey hey hey, stupid monkey hadir lebih cepat dari kilatan lampu senter kali ini lho. Dan sobat semua dipersilahkan berteriak "horayyy".

Tahu kah kalian sob, terkadang stupid monkey kesulitan dalam mengolah kata demi memulai sebuah postingan? saya rasa kalian tahu ya, melihat banyak post disini yang dimulai dengan kaku bahkan sangat kaku. Dan saya yakin banyak dari sobat blogger yang gak suka hal kaku, apalagi sampai bikin ngilu.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka saya mengambil beberapa kesimpulan dalam memulai sebuah postingan, diantaranya :

1. Jangan membiarkan sebuah ide meluncur dengan cepat.
Pernah dong, saat kita duduk bersantai disuatu sore yang cerah, ditemani secangkir kopi atau teh hangat, sambil menikmati mentari yang mulai terbenam dan tiba-tiba sebuah ide muncul begitu saja? "hey ide siapa ini" saya sering mendapatkannya. Dan yang perlu saya lakukan adalah : 
Tidak membiarkan ide tersebut meluncur bebas di dalam sel sel otak. Caranya? sangat mudah. Yaitu dengan mengangkat tangan kanan lebih tinggi diatas kepala, lalu melakukan gerakan menggenggam benda. Lalu turunkan tangan yang masih tergenggam secara perlahan, dan masukan kedalam kantung celana. Bila sedang tidak pakai celana (sarung maksudnya) boleh juga dimasukan ke kantong baju depan, kalau tidak pakai kemeja? (pakai kaos) silahkan masukan kedalam benda lain juga bisa, bagian tengah buku misalnya. (Hidari bersantai tanpa mengenakan apaun). Lalu keluarkan ide tersebut hanya saat akan menulis. Kenapa hal ini dilakaukan? karena ide yang datang dengan cepat bisa hilang dengan sangat cepat, percayalah!
ini bukan lomba menulis ya ...


2. Jangan berpikir terlalu lama.
Berpikir matang memang perlu dan bagus, tapi terkadang saya memikirkan hal hal lain yang seharusnya bukan menjadi bagian dalam tulisan tersebut. Dan hasilnya sudah bisa di pastikan, tulisan menjadi ngawur dan tak berkonsep. Gak percaya? liat aja di banyak post disini, "banyak gak jelasnya". Tapi, yang namanya pengalaman, bisa jadi pelajaran berharga bukan, dan lagi lagi saya dapat mengambil kesimpulannya, seperti:
Membiarkan jari saya meluncur diatas keyboard dengan sendirinya. Tahukan? saya akan membiarkan jari ini menari bebas tanpa memikirkan apapun, dan ternyata cara itu lebih efektif dari cara manapun di dunia ini. Hasilnya? 
  1. Menulis jadi sangat mudah
  2. Tidak banyak membuang waktu
  3. Tidak membebani pikiran
Saya beri contohnya agar lebih jelas ya.
Ini lah yang terjadi saat jemari meluncur bebas tanpa banyak berpikir.
jgkdjglkajglkajirjngrighonfovna roggkdmkd jrjgnadirrt uroaoj jopogkd laketjgmi jgirgr pliermv rgitmvs; lkekk klk k akjr qwewri mbnb eok ejkjpg kjkjljk tearakejlk werioioo kkf;akf eemngo bnrioa kjljtaekj aopdg ;lg[r jgdjs4 grpo948t jgjdglakjga 4 oipoi 4[ago[ap3- 3 a 33r3 gegeajgjg gjoknonb rgjiorjgi4het ;alore[poew[ adsmlvag gopet4eg;rlh[r blarekgkrpo 4tjeklmaglkma tjrjtjwatja ;lf[adkg'arit04 ajgj5ergh-ra jgrajg94put jgpurea09tu gjarpjg9ept43 gjavdjsvera-9tu4q3 a[powetp[awei-0f 43t q4fweakfwaek 43tk 43wktp43wegv 0dfb leiriegj oerepjre aa.lerioi jejgiej telreporpeev vmijeirejijr.
Huft, dalam satu menit, satu baris halaman full sudah bisa dinikmati. DIJAMIN !!!

Nah, itulah dua hal yang sering saya lakukan dalam memulai sebuah post, jika sobat bernasib sama dengan saya, silakahkan melakukan hal yang sama, namun bila mempunyai teknik yang lebih okeh, silahkan share disini ya ...

Perlu diingat !!!
  1. Jika merasa cocok dengan cara diatas, silahkan untuk di ikuti, dipraktekan dan di uji ulang.
  2. Pikirkan 30 kali lagi jika ingin mengikuti cara ke 2, karena saya sangat yakin, hanya orang tertentu yang bisa membacanya.

95 komentar:

  1. Nanti nyoba tak praktein , kalau nggak bisa, tak tuntut kamu Mon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mending nggak ngeblog drpda ngeblog pake cara no 2, psti dianggap orang aneh.wkwkkk

      Hapus
    2. @Mba Ely: wew, kok di tuntut seh :((

      @Chrismanaby: heheheh ... bahaya malah nanti ya, merusak reputasi :p

      Hapus
    3. tak tuntut biar kamu kapok Mon hahahhaha *kidding*

      Hapus
    4. wew, huuuuu ... ampyunnn deh :p

      Hapus
    5. akhirnya bisa kapok juga ya hahhahaha

      Hapus
  2. makin geje aje lue..udh ga betah dihutan yak ?? ciyaaaaaan :-P

    BalasHapus
  3. met sore mas kunjungan perdana mas salam kenal'y mas. kunjung balik mas di tmpt ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga sob, makasih udah berkunjung ya :D Bentar lagi ane meluncur neh :D

      Hapus
    2. trmksih mas dah main kerumah kami salam kenal'y mas bro

      Hapus
    3. sama sama sob, saling berkunjung dan menambah persahabatan :D

      Hapus
  4. orang gilaaaa :p

    wkwkwkwk

    kirain beneran nulis ide cemerlang apa ternyata bahasa robot *jitak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk ... jangan di jitak dong mba, di lempar aja ... pake pisang, hehehehe :p #jangandiikutinyacaranya :P

      Hapus
  5. memaklumi, bahasa lo mang beda...hahaha

    BalasHapus
  6. Udah serius juga baca awalnya ... He..he..

    BalasHapus
  7. ngetik ga pake mikir tar banyak terima komplen kaya aku loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha ... siap posting, siapin juga buat di komplen, yoi gak ...

      Hapus
  8. kayaknya ide nomer dua cocok dilaksanakan para blogger yang lagi kena writing block. yah, lumayan bisa bikin postingan, biarpun pake bahasa makhluk planet Neptunus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhirnya ... ada yg setuju juga, siiip mba, kapan2 kl ente post kaya gitu, kabarin ane ya hehehe

      Hapus
  9. bawa catetan kecil, pas lagi nongkrong tiba2 ada ide. langsung deh tulis. hahay #nambahin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ... gimana kalo bawa catetan gede aja sekalian :P

      Hapus
  10. dr pd gk posting mending posting, walaupun bhsnya hny di mengerti oleh diri sendiri *smile

    BalasHapus
  11. waow... menulis itu memang menyenangkan saat ide sedang datang. langsung deh aku buka memopad dan meringkasnya dikit. baru kemudian dituangkan kedalam blog.

    eh aku setuju tuh, ide cepet datang, cepet pula menguap kl ga segera ditangkap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi, taktik yg jitu tuh sob, tinggal diurai ya :D

      kl udah nguap, susah dah di tangkap :D

      Hapus
  12. kalau saya dalam menuliskan sebuah opini atau logika pasti dimulai dengan segelas kopi tumbuk buatan emak. soalnya semua sel-sel otak dan darah mengalir sinergi.
    jadi, mulailah sebuah tulisan dengan Kopi atau teh yang bersifat menghadirkan hawa hangat didalam tubuh anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahaha ... toss dulu ah, ngopi emang penting sob :D

      Hapus
  13. tipsnya unik mas ... :D

    BalasHapus
  14. nice tips masgan. disimpan lalu dilepas bebas ya... tapi seringnya tetep aja ngerjainnya susah. :( belum apa2 udah dicegat dengan pilihan kata2 yang berebut pengen dipake. ngaco banget nih otak... *nangis dramatis di ambang jendela*

    BalasHapus
  15. Permisi... mampir kemari dari blog-nya Mbak Ely...
    Caranya keren tuh. Mungkin bisa sekalian pake topi aja biar ide-nya gak terbang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah mampir ya :D
      hehehehe ... kalo terbang susah ngikutinnya ya

      Hapus
  16. wakakaka.... cara kedua pasti ampuh banget buat ngejar setoran tuh :P

    salam kenal nyet *ehh

    BalasHapus
  17. Idenya memang jangan terlalu cepat meluncur, nanti bisa nabrak tebing :-)

    Salam kenal, Bro. Singgah ke sini untuk tambah kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending kalo nabrak, kalo masuk jurang ???

      salam kenal kembali sob, makasih kunjungannya :D

      Hapus
  18. hehehhehe ane suka cara ke 2 gan. boleh tuh dicoba :D pasti no 1 di google :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, kalo udah di coba, kabarin ane ya :D

      Hapus
  19. terdampar disini karena postingan mba Elly.... salam kenal yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kunjungannya ya :D

      salam kenal kembali :D

      Hapus
  20. bwahaahaha.. ada2 ajah sampeyan ini :P

    BalasHapus
  21. unutk cara kedua, aku cukup mikir sekali duang trs ta kirim inbox padamu saja yaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  22. halo bang, lama tak kesini ya ane... bagaimana kabarnya? kalo masalah ide dan posting saya lebih ada inspirasi ketika bagun tidur, jadi selepas bangun tidur langsung ngadep laptop dan menari-nari deh jarinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar baik sob :D
      wew, cara yg kejam ya, eh ...

      Hapus
  23. hahaa om om postinganmu bikin ngakak dipagi hariii
    la klo yang posting kamu dengan cara kedua bagai aliran sesatpun masih banyak yang komen..

    kalo yng mosting aku mah boro borooo,,,hahaha
    idenya KonyoL....tapi ada yang bener juga sii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hussst, jangan ngakak pagi pagi, ntar erorr yg ada :P

      ciyus? miyapa? coba deh posting lagi ...

      Hapus
  24. Langsung punya ide posting...nih bis baca post inih..
    Manjurnya dapet berarti..cuy

    BalasHapus
  25. kalo pas ngangkat tangan, terus malah tepetik buah gimana?
    #ngawur

    BalasHapus
  26. "..lkjasrt eoiur nmkalsd ieuowja kjss... :-) " (ini komen untuk cara yang kedua yaa ! ) Kalo cara yang pertama sepertinya cocok untuk yg punya gadget yg konek ke internet tuh. Begitu ada ide langsung bisa di uplot ke blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm ... untuk usaha prakteknya, saya kasil nilai 200 deh, hehehehe

      Hapus
  27. kalau strategiku agak berbeda dikit, dikit banget sih. Setiap ada ide langsung saya tulis di notepad. Setelah itu ane baca ulang dan telaah mana kata yang kurang pas. Setelah itu di posting deh he..he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, teknik yg bagus tuh sob, jadi kan gak ilang ya :D

      Hapus
  28. hhhhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuucccaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapppppppppppppppppppppeeeeeeeeeeeeeeeddddeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Thanks banyak ya. Manjur banget sarannya, saya bisa menulis begitu cepat tanpa banyak berfikir, dan saya yakin 'cuma orang tertentu' yang bisa baca tulisan saya ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktek ke-2 hahahahahahahahahahahahahahahammmiiiisssssssyyyyyoooouuuuoooiiiiiiiii

      Dan "cuma orang-orang tertentu saja yang bisa membacanya" hahahha .............. :)

      Hapus
    2. huuu ... bilang aja kalo kangen, gak usah pake alibi "praktek" :P

      Hapus
    3. hah, ketauan nih ... hahhaha *kabuuuurrr ah sambil joget pake topeng kaya monkey di pinggir jalan wew :)

      Hapus
    4. wew, topeng siapa tuh di bawa bawa :p

      Hapus
  29. dan ketika kubiarkan jemariku menari bebas diatas keyboard laptopku, maka inilah yang terjadi:

    huuuuuuuuuuuuuuuuhuuuuuuuuuuuuuuuhuuuuuuuuuuuuu
    enengenengwaenihmasstumon! :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. eneng itu cewe tau dalam bahasa sunda #ane kan cowo :p

      Hapus
  30. Caranya boleh d'cba nch sb ,,,,memang sya sering berpikir terlalu lama dan membuang waktu sia"

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm ... selamat, kalo gitu anda beruntung, hahahaha

      Hapus
  31. setuju bgtz sob..emg klo ide itu datang secpat klat ntr mnghlangnya scpat klat.
    kalau saya jika ada ide,misalnya lgi diangkot,biasanya lngsung diketik di hp saja. ntr pas nympe rmah bru deh dtlis atau kapan2..

    yg pnting idenya ada..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew, berarti banyak yg pakai teknik serupa ya :D

      Hapus
  32. haaaiiih ini komen nya banyak banget....
    blogwalking tiap hari ya mas?

    BalasHapus
  33. Itu die masalahnya sob, gw sering berfikir terlalu lana. Terutana kalo mikirin utang hahhaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, utang jangan dipikirin sob, tapi dibayar, hehe

      Hapus
  34. Balasan
    1. Sore ... salam silaturahmi kembali, terimakasih atas kunjungannya ya :D

      Hapus
  35. gimana ya kalau ane posting dengan bahasa alien gitu? ada yang gerti ga ya? tapi lumayan daripada ga posting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak gimana gimana sob, ane ngerti kok tenang aja, hahaha :p

      Hapus
  36. wah klw teknik yg pertama itu saat ddlam wc lg mandi gmna bos,,,
    kita lg tidak mgenakan apa2, tiba2 datang ide yg cmerlang krna mlihat sesuatu dlm wc,, nyimpannya dmna,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, makanya ane tulis tuh diatas (Hidari bersantai tanpa mengenakan apaun), okey .. hehehe

      Hapus
  37. emang idenya si admin luar biasa.... hehe, selalu meluncur

    BalasHapus
  38. ada ide memang tidak harus dilewatkan, karena sudah fitrah manusia mempunyai kelemahan melupakannya. tips di atas belum saya alami namun semoga cukup mengatasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah begitu emang manusia :D
      semoga gak keabisan ide ya sob :D

      Hapus
  39. mencari ide untuk menulis sesuatu yang menarik dan bermanfaat itu memang susah gampang. Saran dari agan akan saya coba agar ide datang cepat dan tulisan yang dihasilkan pun bermakna.
    Thx

    BalasHapus
  40. Hahaha, ada-ada aja lu mon, bolehlah buat hiburan..

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung, berikan komentar anda mengenai posting diatas

Diberdayakan oleh Blogger.